10 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol di Hari Raya

  • Jantung, kolesterol dan hipertensi
  • May 2019
10 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol di Hari Raya

Hari raya Idul Fitri identik dengan berbagai macam sajian yang kaya akan santan dan daging seperti opor ayam, rendang, dan gulai. Nah, dibalik rasanya yang memang sangat menggugah selera dan ‘nagih’, makanan-makanan ini juga mengandung banyak kolesterol yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan kita.

 

Lalu gimana nih caranya untuk bisa mengurangi kolesterol di hari lebaran?

 

Tenang saja, kolesterol bisa kok diatasi secara alami, seperti dengan mengkonsumsi makanan-makanan di bawah ini:

 

Ikan (Khususnya Salmon)

Kandungan Omega 3 pada ikan terbukti dapat mencegah penyakit jantung, demensia dan penyakit lainnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sebanyak 4%.

 

 

Kedelai

Kedelai dan makanan olahannya seperti tahu, tempe dan susu kedelai mengandung isoflavin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa dengan mengkonsusmi 25 gram protein kedelai setiap harinya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sebaganyak 5-6%.

 

Kacang-kacangan

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mengkonsumsi 1.5 ons kacang kenari dalam sebulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol (total) sebesar 5.4% dan menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 9.3%.

 

 

Apel

Apel, terutama bagian kulitnya, mengandung pektin – serat larut air yang terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pektin bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh melaui urin dan feses. Selain itu, apel juga mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi inflamasi.

 

Tak lupa juga apel merupakan salah satu buah sumber serat yang dapat memberikan rasa kenyang yang lama, jadi kamu bisa sekaligus mengendalikan nafsu makan yang berlebih saat lebaran.

 

Berries

Berries juga kaya akan kandungan pektin yang dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapay membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan tekanan darah sistolik.

 

Jeruk

Selain kaya akan kandungan Vitamin C, jeruk juga mengandung d-limolene, yaitu senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol. Oiya, Vitamin C pada jeruk juga dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi resiko penyakit jantung lho!

 

Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu superfood yang memiliki fungsi untuk mengurangi gula darah, trigliserida, dan kolesterol jahat pada para penderita diabetes tipe 2. Selain itu kayu manis juga memiliki manfaat untuk mengurangi inflamasi, kaya akan antioksidan, dan dapat membantu mencegah penyakit kanker dan serangan jantung.

 

Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit terbukti dapat membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Selain itu penelitian juga mengatakan bahwa kunyit dapat membantu menekan produksi kolesterol dalam hati (liver) dan menghambat penyerapan kolesterol dalam usus.

 

Rosella

Rosella adalah salah satu superfood yang memiliki manfaat untuk mengurangi kadar LDL dalam tubuh dan resiko penyakit jantung. Selain itu, superfood ini juga kaya akan kandungan antioksidan dan dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

 

 

Jinten Hitam (Habbatusauda)

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam lemak yang terdapat dalam jinten hitam dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol dalamm tubuh kita. Selain itu, jinten hitam juga bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

 

Nah, sekarang sudah tau kan makanan apa saja yang bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami? Untuk praktisnya, kamu bisa lho megkonsumsi Herbilogy Less Roll Tea, Cinnamon Extract Powder, Turmeric Extract Powder, dan Rosella Flower Extract Powder yang sama-sama memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kolesterol.

 

Selamat lebaran!

 

Sumber: 1 2 3 4 5 6 7

Product related to this journal: