7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Kebanyakan Konsumsi Gula

  • Diabetes dan gula darah
  • May 2019
7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Kebanyakan Konsumsi Gula

Hari Lebaran adalah hari di mana kue kering dan cake bertebaran di mana-mana. Buat kamu terutama para sweet tooth, tentu hal ini adalah hal yang susaah banget  untuk ditolak. Konsumsi makanan manis tentu saja diperbolehkan, tapi kalau berlebihann bisa berdampak kurang baik lho untuk kesehatan.

 

Nah, untuk kamu yang sudah terlanjur kalap kebanyakan mengkonsumsi makanan manis, ga perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan 7 hal dibawah ini yang bisa membantu menetralisir efek dari makanan manis yang kamu konsumsi selama lebaran:

 

Perbanyak konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu ginjal kita untuk mengeluarkan gula dalam tubuh melalui urin. Selain itu, penelitian juga menunjukkan kalau orang yang lebih banyak air cenderung memiliki resiko yang lebih rendah terhadap kenaikan gula darah.

 

Konsumsi protein dan serat

Mengkonsumsi makanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna seperti protein dan serat dapat membantu menstabilkan gula darah. Hindari konsumsi makanan seperti fast food dan makanan olahan lainnya karena jenis makanan ini cepat dicerna oleh tubuh. Ketika kita mengkonsumsi makanan jenis ini setelah terlalu banyak makan gula, kadar gula darah kita pun bisa ‘anjlok’ dan kita pun berpotensi untuk menjadi lebih cepat lapar dan ingin makan lagi.

 

Siapkan menu makanan sehat untuk sesi makan berikutnya

Mengkonsumsi makanan manis membuat kita menginginkan untuk mengkonsumsi makanan yang kurang baik untuk tubuh kita. Coba deh siapkan makanan sehat yang seperti biasanya kamu konsumsi sehari-hari untuk menghindari konsumsi gula lebih banyak.

 

Konsumsi Probiotik

Penelitian dari Oregon State University menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan probiotik dapat membantu mengurangi kadar gula dalam usus. Hal ini dikarenakan bakteri probiotik memakan gula yang terdapat dalam usus kita. Coba deh konsumsi makanan yang kaya probiotik seperti yogurt, teh kombucha ataupun tempe.

 

 

Lakukan Yoga dan olahraga lainya

Penelitian menunjukkan bahwa 80% orang mengatakan bahwa mereka mengkonsumsi makanan manis ketika mereka sedang merasa stress. Nah, ini juga bisa berarti kamu harus mengatasi stress yang kamu alami, salah satunya adalah dengan melakukan yoga ataupun olahraga lainnya.

 

Berolahraga pada umumnya bisa membantu meningkatkan sensitivitas tubuh kita terhadap insulin. Peningkatan insulin membuat sel dalam tubuh kita dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Olahraga juga dapat otot bekerja dan menggunakan gula atau energi yang tersimpan dalam tubuh.

 

Move-On!

Kalau sudah terlanjur kalap, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah move on. Jangan merasa bersalah terus dan down karena diet ‘gagal’. Faktanya dibutuhkan setidaknya 3500 kalori untuk tubuhmu menambah 1 pound lemak. Jadi, next time ketika kamu lagi makan makanan yang manis seperti kue lebaran, coba deh dinikmati. Sedikit makan makanan manis tidak membuatmu gemuk kok! Asal jangan berlebihan yaa..

 

Bantu dengan Mengkonsumsi Herbilogy Superfood Extract Powder

Sebagai booster, kamu juga bisa lho bantu dengan mengkonsumsi Herbilogy Cinnamon Extract Powder yang bisa bantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. Untuk kamu yang mau simming, juga bisa dibantu dengan Herbilogy Green Tea Extract Powder dan Green Coffee Extract Powder. Caranya simple banget kamu cukup mencampurkan Herbilogy Superfood Extract Powder ini kedalam makanan dan minuman lebaran favoritmu!

 

 

Sumber: 1 2 3 4

Product related to this journal: